topbella

Sabtu, 26 Mei 2012

7 Langkah Membuat Website Gratis Di Internet


7 Langkah Membuat Website Gratis Di Internet
(Bagi Pemula)

          Membuta website? Dalam benak kita pasti yang terbayangkan adalah rumit, sukar, mahal, belum tentu orang awam bisa melakukan. Sekarang persepsi kita tadi hilangkan dulu. Sebenarnya membuat website di internet tidaklah serumit, sesukar atau semahal yang kita bayangkan, bahkan bagi pemula pun bisa membuat web asal ada ketekunan dan kemauan. Dalam pembuatan website tidaklah rumit atau sukar karena banyak sekali template yang dapat kita download dan kita tinggal memasukkan data atau informasi yang akan kita sajikan. Tidaklah mahal, karena dalam membuat website kita bisa menggunakan domain dan hosting pada jasa web penyedia domain dan penyedian web hosting yang tidak berbayar dan kita tidak perlu membayar langganan biaya sepeserpun pada penyedia layanan tersebut dengan konsekwensi tertentu, misalnya space penyimpanan terbatas, halaman web kita diselipkan iklan dan sebagainya.
Berikut ini adalah 7 lanhkah membuat website secara sederhana :
1.    Mebuat E-mail
           Langkah pertama sebelum kita membuat web, terlebih dahulu yang harus kita persiapkan adalah akun E-mail yang aktif atau E-mail yang bisa diakses atau digunakan mengirim dan menerima E-mail. Karena apabila kita mendaftar penyedia layanan untuk mendapatkan domain atau hosting kita pasti diharuskan mengisi kolom alamat E-mail yang berfungsi untuk ferifikasi akun yang telah kita buat.
2.    Menyiapkan domain
              Domain adalah nama atau alamat yang kita gunakan dan alamat itulah yang akan kita kenalkan ke banyak orang, ibaratnya domain adalah sebagai papan nama kita sekaligus sebagai cermin untuk mengakses web kita. Sebagai contoh www.hawindawidyafatma.t35.com , www.uns.ac.id dan sebagainya. Ada dua obsi kita membuat domain, menggunakan penyedia domain berbayar atau gratis :
*      Penyedia domain berbayar
       Untuk penyedia domain berbayar dapat memeriksa dan mendaftarkan di http://register.net/ untuk domain local (wilayah Indonesia) http://www.internic.com/. Tips kita sebaiknya menggunakan domain .web.id, bisa digunakan oleh perorangan dengan biaya tahunan 25ribu. Atau untuk domain sekolah .sch.id senilai 50ribu. Kelebihan domain berbayar adalah kita bisa memilih nama domain yang ingin kita miliki dan kita tidak menjadi sub domain dari penyedia layanan manapun, contoh  www.namadomain.ac.id.
*      Penyedia  domain gratis (tanpa bayar)
Banyak sekali penyedia domain gratis misalnya saja www.co.ac, www.000webhost.com, http://hyperphp.com. Saran dari penulis gunakan penyedia domain sekaligus penyedia layanan hosting, sehingga kita tidak perlu ganti penyedia layanan lagi untuk register atau login. Seperti www.co.cc, hanya memberikan layanan domain gratis tapi tidak menyediakan hosting gratis. Tapi kelebihannya kita bisa memilih nama domain yang bagus dan singkat, yaitu www.domainanda.co.cc.
3.    Menyiapkan hosting
              Kalau domain tadi ibarat papan nama sekaligus cermin, hosting ibarat tempat atau wadah penyimpanan file-file atau data-data kita, tanpa hosting web tidak akan mempunyai  tempat menyimpan data. Banyak hosting-hosting yang berbayar, banyak juga hosting yang gratis dengan server yang tidak jauh berbeda. Hosting berbayar tidak tepat untuk kebutuhan kita saat ini, karena percuma membayar langganan ribuan rupiah per bulan fasilitas yang kita dapat sebanding hosting gratis. Daftar di bawah ini membahas dan memandingkannya secara cepat, dan menjadi referensi untuk menentukan hosting gratis mana yang akan kita pilih. Provider-provider hosting gratis di bawah ini cukup terpercaya dan telah melayani hosting gratis bertahun-tahun.
        layanan yang dimiliki penyedia hosting ini yaitu domain full tidak terbatas, 250MB space disk, 100GB bandwith dan kontrol Control Panel. Kelebihan dari 000webhost halaman web kita bebas iklan dari penyedia, tetapi kita harus bersabar menanti 1 x 24 jam untuk mendapatkan ferifikasi akun di E-mail kita.
        layanan yang disediakan disini antara lain monitoring sever 24 x 7 dalam seminggu, dalam tampilan web kita bebas dari iklan, 10 buah database MySql, 2GB space web.
        web space gratis, 1 dominan yang dapat kita miliki, dan disediakan sub dominan tidak terbatas di alamat ini, halaman masih diselipkan iklan.
        layanan hosting atspace menyediakan, 500MB space web tanpa iklan. Semua akun disediakan email POP3 gratis, data backup data gratis, FTP dan kemudian instant membuat account.
        provider hosting web gratis ini menyediakan space penyimpanan seluas 8GB, 8GB transfer file, PHP5, MySQL dan yang lebih penting lagi tanpa banner iklan.
        layanan dari hosting ini antara lain 150MB disk space, 4GB data transfer, satu domain gratis, satu database MySql, dukungan Microsoft FrontPage dan banyak lagi.
        hosting gratis ini menyediakan beberapa layanan hosting dengan domain tidak terbatas, bandwith tidak terbatas, alamat email, manager  file atau control panel.
provider hosting gratis ini memberikan 200MB disk space, 5GB transfer data, dukungan PHP, Perl, CGI dan MySQL, 5 account email khusus website kita.

4.   Menyiapkan isi atau content web
a.   Menyiapkan isi web (membuat webpage)
         Ketika kita telah siap dengan domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan konten web dan mendesain webpage:
*      Dengan download template
            Bagi pemula disarankan untuk menggunakan template dengan format http://www.hosting24.com, atau kita bisa mendapatkan alamatnya dengan search google dengan kata kunci “download template htm/html gratis”. Setelah kita mendownload file template, selanjutnya mengisi data atau informasi yang akan kita sajikan dengan bantuan program aplikasi Microsoft Frontpage, atau Web Editor.
*      Dengan program Front Page juga sudah tersedia template web. Tetapi disarankan agar kita membuat dari awal atau dari 0, gunakan file gambar dan file htm saja dan jangan menggunakan file dengan ekstensi btr, ico dan lainnya, dan jangan pula menggunakan file atau folder dengan nama depan dengan underline, contoh : _vti_cnf, _ico_index.htm. mengapa? File-file tersebut pada penyedia layanan hosting tentunya yang tidak di support Ms Front page pada saat kita up-load dia menolaknya, up load yang diterima hanya berupa file htm, html, php atau file gambar saja, ini biasanya terjadi pada penyedia layanan gratis yang tidak support Ms Front Page.
b.   Tips mendesain halaman web
         Pertama kalinya web kita sudah online, mesin pencatat (search engine) belum bisa menemukan isi web kita bahkan alamat kita. Berikut adalah tips dalam mendesain web agar di index atau dikenal mesin pencari atau search engine pada search engine google atau yahoo:
1)    Membuat judul atau tema web semenarik mungkin, karena kekuatan judul dapat mengindek pencari pesan dan sekaligus membaca web kita.
2)   Buat tema yang unik, sedang trend, atau jarang dipakai web lain.
3)   Sesuaikan tema dengan isi, apabila isi web tidak sinkron dengan tema, maka mesin pencari tidak akan mau membaca web kita, karena web kita dianggap bohong, mesin pencari bisa mendeteksi itu.
4)   Buatlah halaman web original dari buatan kita sendiri, mesin pencari bisa mendeteksi halaman web hasil copy paste atau bukan, hasil copy paste dari website orang lain dianggap oleh mesin pencari sebagai pembajakan atau web illegal, dan itu lain dengan kita menggunakan template hasil download, template tersebut termasuk legal karena walaupun gratis sudah mendapat lisensi dari pembuatnya.
5)   Buat halaman sesering mungkin untuk diakses, jangan terlalu banyak gambar, tetapi perbanyaklah tulisan-tulisan, karena mesin pencari akan mudah mengindek tulisan diandingkan dengan gambar.
6)   Seringlah mengunjungi artikel yang aktif dikunjungi banyak orang dan berilah tanggapan terhadap artikel tersebut, dan selipkan link masuk ke web kita disana, misalkan face book, bloger, karena link tersebut akan terbaca terlebih dahulu oleh mesin pencari.
7)   Beri link keluar pada web skala besar seperti, yahoo, google, face book, pada web kita, karena web tersebut akan memandu mesin pencari mendeteksi web kita.
c.    Up-load file
          Setelah kita selesai mendesain web kita, jangan lupa kita harus mencobanya dengan offline tanpa terkoneksi dengan internet dulu, pastikan web kita sudah bisa berjalan dengan normal. Apabila web kita sudah bisa diakses secara offline, langkah kita selanjutnya adalah up-load file htm, html dan file gambar kta ke hosting yang sudah kita siapkan pada langkah ke dua tadi. Kita harus mensetting web site dengan benar agar bisa berjalankan atau berfungsi dan orang lain dapat melihat website kita. Setting itu antara lain dengan MySQL dan mencopy seluruh file ke hosting. Cara mentrasfer file biasanya menggunakan FTP client, atau dengan masuk ke control  panel  pada akun web hosting kita. Pada langkah ini kondisional sekali karena pada setiap server atau layanan hosting cara masuk ke control panel  pada akun berbeda-beda. Kita bisa meminta bantuan pada google atau pemberi layanan hosting untuk membantu menemukan letak control panel pada akun web hosting kita. Setelah kita menemukan letak control panel pada akun web kita, up-load semua file ke direktori control panel pada akun kita.
d.   Setting domain
Setting domain kita yang sudah kita siapkan pada langkah ke-2, setting ini perlu dilakukan apabila kita memilih alamat layanan penyedia domain berbeda dengan alamat penyedia hosting. Contohnya kita memilih domain pada www.co.cc tetapi dengan web hosting www.000webshot.com, maka kita harus mem forward domain kita di www.co.cc keakun tempat kita menyimpan halaman web kita.
e.    Mencoba akses
Setelah kita berhasil meng up-load semua file dan mensetting domain, kita bisa mencoba mengakses web kita, apakah web kita sudah berjalan normal. Jika belum berhasil maka kita ulangi langkah ke-5, sampai kita bisa mengakses web kiata dengan baik.
Demikianlah langkah-langkah dalam pembuatan web sederhana, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua. Selamat mencoba.
………………………………………………………………………………………………………
Sumber :
MEDIA, Majalah Bulanan  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
Edisi Desember 2009
Oleh : bagus widyantoto, S.Pd
Guru SDN Tiripan 2, Berbek, Nganjuk

0 komentar:

Posting Komentar

 
hawinda© Designed by: Compartidisimo