topbella

Sabtu, 26 Mei 2012

S P Y W A R E


S P Y W A R E
     Bagi pengguna internet, mungkin ‘spyware’ sudah tidak asing lagi. Ketika kita melakukan browsing internet, tiba-tiba muncul pop-us windows, seperti iklan. Itulah salah satu spyware. Apakah sebetulnya spyware?

*      Definesi Spyware
        Definisi umum spyware adalah suatu program yang bekerja secara otomatis tanpa konfirmasi dari pengguna, pada saat dilakukan browsing internet lalu memata-matai kegiatan online dan mengirim hasil pantauannya host server spyware tersebut.
        Spyware adalah program yang diam-diam telah masuk kedalam komputer dan mengambil data. Tujuan awal dari pembuatan Spyware adalah mencari data dari pemakai internet dan mencatat kebiasaan seseorang dalam menelusuri dunia maya. Dalam perkembangannya, spyware tersebut bersifat merusak, karena dapat mencuri data pada sebuah komputer.
        Jenis spyware sangat banyak, ada yang hanya bertugas merotasi tampilan iklan pada software, ada yang menyadap informasi konfigurasi komputer, ada yang menyadap kebiasaan online seseorang, dan sebagainya.
        Ada banyak cara spyware untuk masuk kedalam sebuah komputer. Diantaranya melalui software gratisan (Freeware dan Shareware), juga dari situs internet yang dikunjungi seseorang, dimana secara diam-diam mereka menginstalkan dirinya sendiri ke komputer tersebut.
        Umumnya program jenis spyware masuk secara langsung dengan mengelabuhi pemakai internet. Seperti ketika seseorang membuka sebuah website dan secara tidak sengaja menerima sebuah peringatan dan melakukan apa yang dikehendaki oleh si pembuat web. Spyware sebenarnya tidak berbahaya, karena hanya digunakan untuk memata-matai komputer seseorang setelah melakukan browsing. Tetapi dalam perkembangannya spyware juga dijadikan alat untuk mencari data pribadi pada sebuah komputer. Dan diam-diam menggunakan koneksi internet seseorang tanpa diketahui dan komputer sudah menjadi mata-mata tanpa diketahui pemiliknya.
        Spyware dapat mengganggu kinerja komputer, karena mereka bekerja terus menerus (terutama saat seseorang online atau ketika menggunakan browser) dan beberapa malah mengubah/mengganti file-file sistem windows yang asli dengan file-file mereka. Tentu ini menambah beban kerja windows yang normal.

*      Tips Mengatasi Spyware
        Spayware dapat mengganggu privacy, menyerang dengan pop up windows, menyebabkan computer berjalan dengan lambat dan membuat computer kacau. Ada beberapa cara yang dapat membantu menjaga computer dari spyware.
*      Langkah 1 : Gunakan firewall
Biasanya spyware digabungkan dengan program lain. Menginstal firewall atau dengan firewall yang ada pada windows XP dapat membantu menahan spyware.
*      Langkah 2 : Update software
Jika menggunakan windows XP, salah satu cara untuk menahan spyware adalah memastikan bahwa semua software sudah diupdate.
*      Langkah 3 : Atur seting security pada Internet Explorer
Atur pada seting security pada Internet Explorer Web browser’s untuk menentukan seberapa banyak informasi yang ingin diterima dari Web site.
*      Langkah 4 : Download dan install anti spyware
Install anti-spyware, seperti ad aware. Tapi kadang spyware terbaru tidak terdeteksi, makannya harus sering di update. Jika cara ini belum memuaskan, coba dengan tools berikut, yang pertama CWShredder dilanjutkan dengan HijackThis. Bisa di download di situs http://www.spywareinfo.com/-merijn/downloads.html.
*      Langkah 5 : Lakukan download secara aman
Beberapa tip untuk melakukan download yang aman :
ü  Download program dari website yang dapat dipercaya.
ü  Baca semua security warnings, license agreements, dan privacy statements dari software yang akan di download.
ü  Jangan pernah melakukan klik “agree” atau “OK” untuk menutup window. Lebih baik klik tanda “X” pada window.
ü  Waspada dengan file-file music dan film dan pastikan untuk mengetahui semua software yang digabungkan dengan file-file tersebut.


…………………………………………………………………………………………………………………………
Sumber :
MEDIA, Majalah Bulanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
Edisi Agustus 2007
Oleh : Anita Qoiriah S.Kom, M.Kom
Dosen Jurusan Teknik Elektro – UNESA

0 komentar:

Posting Komentar

 
hawinda© Designed by: Compartidisimo