topbella

Sabtu, 26 Mei 2012

PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIVE


PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIVE

Dewasa ini perkembangan internet di Indonesia begitu pesatnya. Laju perkembangan itu demikian luasnya sehingga hampir mencakup seluruh kehidupan manusia. Menurut data dari world internet and population statistic, Indonesia menempati urutan ke-5 di Asia dengan pengguan internet sekitar 25 juta orang. Inilah yang melatarbelakangi perlunya pemanfaatan internet dalam bidang pendidikan.
Blog, salah satu bagian dari internet, menjadi pembicaraan hampir tiap pengguna internet di Indonesia. Istilah weblog yang kemudian disingkat menjadi blog, sebenarnya mulai dikenal sejak tahun 1997, namun baru popular tahun 2000. Saat ini, blog sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia perinternet-an. Blog sudah mulai dijadikan sebagai sumber belajar dan interaksi bagi guru dan siswa. Keuntungan menggunakan blog dibandingkan dengan website biasa adalah interaktivitas dengan pengunjung blog.

DEVINISI BLOG
Blog berasal dari kata web blog. Web artinya internet, dan log artinya adalah catatan. Secara harfiah, blog bisa didefinisikan sebagai catatan harian yang ditulis dan dipublikasikan di internet.
Salah satu diantara devinisi paling awal tentang blog dicetuskan oleh Rebecca Blood (dalam Retno: 2008), pemilik blog www.rebeccablood.net dan penulis buku the weblog handbook, Blog adalah sebuah halaman web, dengan tulisan terbaru diletakkan di bagian isi paling atas, isinya sering diperbarui, kadang-kadang beberapa kali dalam sehari. Seringkali disisi dari halaman web tersebut ada sebuah daftar link (tautan) yang merujuk ke halaman sejenis.
Menurut ensiklopedia Wikipedia, sebuah weblog, web log atau singkatan blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodic tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut sering kali dimuat dalam urutan posting secara terbaik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Menurut The Meriam-Webster dictionary (dalam Retno: 2008), Blog is them as an online personal journal that houses reflections, comments, and hyperlinks. Jadi Blog merupakan sebuah istilah jurnal pribadi online yang berisi tentang refleksi diri, komentar dan link. Berdasarkan devinisi di atas dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah halaman web yang berisi tulisan pribadi atau kelompok yang diurutkan berdasarkan kronologis waktu dan memungkinkan pengunjungnya untuk memberikan komentar.
Ada beberapa jenis blog, diantaranya adalah:
a)    Blog perusahaan
Blog ini dimiliki oleh perusahaan dan berfungsi seolah seperti brosur yang menjelaskan bisnis yang dijalani perusahaan. Blog ini bisanya merupakan tempat untuk menampilkan berita seputar perusahaan. Intinya, konten di dalamnya pasti terbatas untuk perusahaan itu sendiri.
b)    Blog produk
Blog ini khusus menjelaskan sebuah produk saja. Misalnya Sony yang memiliki blog khusus untuk produk Sony Vaio Laptop.
c)    Blog pribadi
Blog ini dimiliki oleh seseorang dan digunakan untuk membahas pernak-pernik kehidupannya.
d)    Blog edukatif
Blog ini digunakan untuk para pendidik (guru) untuk menampilkan materi-materi pembelajaran yang bisa diunduh oleh siswa atau para pengguna yang lainnya yang membutuhkan.
Selain ini website menyediakan blog gratis sangat banyak, antara lain yang banyak digunakan adalah wordpress.com dan blogspot.com. karena mempunyai beberapa kelebihan:
1)     Gratis, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuat blog.
2)    Fitur-fiturnya lengkap dan mudah digunakan.
3)     Server stabil dan jarang down.

PEMANFAATAN BLOG DALAM BK
Materi layanan
Materi layanan ini berisi materi-materi yang dibutuhkan siswa. Materi layanan ini diantaranya adalah:
a.    Ringkasan materi layanan
Ringkasan materi ini dapat digunakan siswa untuk belajar, bahan bacaan dan informasi di mana saja selama ada jaringan internet, bisa di rumah, di warnet atau di sekolah. Sehingga siswa bisa belajar, membaca dan memperoleh informasi dimana saja dan kapan saja ketika membutuhkan referensi.
b.   Slide (presentasi) layanan
Di samping ringkasan materi, materi layanan juga dilengkapi dengan slide layanan. Slide yang ditampilkan di blog adalah slide yang digunakan penulis untuk pemberian meteri layanan di kelas. Dengan begitu diharapkan siswa dapat mempelajari kembali slide yang digunakan di kelas. Untuk menampilkan slide menggunakan bantuan website: slideshare.com.
c.   Lembar evaluasi
Lembar evalusi disini adalah suatu pertanyaan yang berupa aplikasi dari materi yang ada gunanya untuk mengetahui seberapa paham siswa terhadap BK atau materi informasi dalam aplikasi kehidupan sehari-hari.

Tanya jawab
Blok BK ini juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal seputar BK. Tanya jawab ini dapat dilakukan melalui komentar yang disediakan di blog ini. Dari sini diharapkan akan terjadi komunikasi antara guru dengan siswa dan dapat menambah pengetahuan siswa tentang aplikasi BK dalam kehidupan sehari-hari.
Implemetasi di sekolah
Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran menggunakan blog adalah menjadikan blog yang dibuat oleh guru BK sebagai pusat pembelajaran dan informasi BK. Metode ini adalah metode paling sederhana dari pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dan informasi sehingga sangat mungkin diterapkan pada sekolah yang memiliki fasilitas komputer dan internet yang memadai. Para siswa tidak perlu membuat blog dan pusing-pusing mengisinya secara rutin karena seluruh topic layanan dan informasi BK beserta diskusi dan interaksinya sudah terpusat di satu tempat. Pada metode ini, guru harus memiliki blog-nya masing-masing yang akan diisi secara rutin dengan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan BK. Melalui fasilitas komputer atau laptop, para siswa beserta gurunya bisa berdiskusi secara aktif mengenai topic tersebut.
Guru dan siswa juga saling memperkaya wawasan dan informasinya masing-masing dengan cara member link pada komputer/laptop tersebut yang menuju website lain yang relevan dengan materi tersebut.
Dengan adanya blog yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, proses pemberian informasi tidak berhenti hanya sampai di kelas saja. Apa lagi guru BK hanya diberi kesempatan masuk kelas satu jam pelajaran dalam seminggu setiap kelasnya. Dan pasti banyak informasi yang belum sempat tersampaikan kepada siswa-siswa. Maka dengan adanya blig ini temtu sangat memantu guru BK. Di rumah, di warnet atau dimanapun, pasa siswa bisa mendapatkan informasi tambahan tentang BK dengan cara membaca tulisan dari guru BK-nya di blog, sekaligus berdiskusi di sana.
Keuntungan dari metode ini adalah, metode ini relative cepat dan mudah bagi para siswa, karena para siswa tidak perlu membuat blog-nya masing-masing. Selain itu, karena semua interaksi dilakukan di blog sang guru, setiap aktivitas yang dilakukan oleh para siswa tersebut dapat dipantau dengan mudah oleh guru tersebut. Hal ini akan meminimalisir adanya kalimat-kalimat negative dari para siswa tersebut di blog-nya. Guru tentu saja harus mempromosikan blog-nya di kelas setiap kali mengajar, agar para siswa mengetahui tentang blog tersebut dan tertarik untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.
Untuk memotivasi pemanfaatan blog sebagai salah satu media belajar siswa, guru juga melengkapi blognya dengan kuis online. Agar pemgerjaan kuis online ini dapat berjalan dengan baik, maka guru Bk bisa bekerjasama dengan guru TIK dalam hal penggunaan komputer di laboratorium.
KESIMPULAN
Jadi menurut saya, pemberian informasi tentang BK dengan memanfaatkan blog adalah pemblajaran yang mengintegrasikan pembelajaran TIK dengan BK atau mata pelajaran yang lain. Di samping itu, menfaat blog dalam bimbingan dan konseling antara lain dapat menjadi media dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi guru BK, teman sejawat dan siswa; menjadi media saling bertukar pengetahuan; bisa mendorong guru BK dan siswa untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat. Agar terjadi interaksi dua arah, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi atau informasi apa saja yang tidak dipahami atau tentang aplikasi BK dalam kehidupan sehari-hari. Yang lebih penting adalah siswa dan guru dapat belajar di mana saja dan kapan saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.



………………………………………………………………………………………………………
Sumber:
MEDIA, Majalah Bulanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur
Edisi Juli 2009
Oleh : Lukman Hakim, S.Pd
Guru SMK Negeri 1 Sooko Mojokert0
………………………………………………………………………………………………………

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai pemanfaatan blog online, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1099/1/10206661.pdf
trimakasih

MATERI BIMBINGAN KONSELING mengatakan...

terima kasih untuk infonya :)

Posting Komentar

 
hawinda© Designed by: Compartidisimo